Dampak Jejaring Sosial


Situs jejaring sosial sangatlah diminati oleh masyarakat. Seperti Facebook, Friendster, plurk, twitter, dan lain lain.
Pada awalnya situs ini dibuat sebagai situs pertemanan yang memungkinkan orang untuk bertemu dengan temannya di dunia maya.
Situs jejaring sosial dapat membuat kita berkomunikasi secara terbuka, dan tidak terbatas apapun. Dengan menggunakan internet kita dapat berkomunikasi dengan teman kita atau kenalan baru.
Keungulan dari situs-situs ini terletak pada feature update status yang real time dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk (notes, group, wall, photo, video, dll). Dan keunggulan ini digunakan sebagai media untuk meng-eksiskan diri.
Sebenarnya situs-situs ini baik untuk mengekspresikan diri. Hanya saja cara penyampaian dan waktunya tidak tepat.
Karena jika penggunaannya tidak tepat maka dapat mengakibatkan dampak-dampak yang negatif seperti:
  1. menurunnya produktifitas kerja atau belajar,
  2. bisa merebut pola komunikasi dua arah antar teman,
Namun hal ini tergantung pada penggunanya itu sendiri, apakah dia mampu untuk menggunakan situs-situs sosial ini secara tepat atau tidak.
Tidak tepat di sini contohnya adalah, jika seorang pelajar sibuk chatting terus menerus sehingga mengganggu waktu belajarnya, tentu hal ini dapat menyebabkan dampak negatif bagi si pelajar.
Contoh lainnya adalah, jika seseorang sedang berpergian bersama temannya namun orang itu lebih sibuk membuka situs sosial dibandingkan dengan mengajak temannya bicara. Maka hal itu dapat menggangu pola komunikasi langsung.
Oleh sebab itu sebaiknya kita dapat mengendalikan diri saat menggunakan situs sosial ini. Kiat-kiatnya adalah..
Buka situs jejaring sosial ini hanya pada waktu senggang, jangan buka situs pada saat anda mengerjakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi lebih, misalnya saat belajar atau kerja. Karena hal ini dapat menggoda kita untuk terus melihat atau bermain situs itu dan melupakan kegiatan yang utama (belajar atau kerja), yang akhirnya dapat menghambat kerja dan mengurangi produktivitas kerja.
Jika anda sedang situasi sosial yang memerlukan interaksi janganlah membuka situs jejering sosial. Konsentrasilah pada kondisi sosial yang ada di depan anda

0 komentar:

Posting Komentar